Rabu, 03 Juni 2009

PELAJAR JUGA BISA KORUP

Korupsi itu parasit. Dan itu masih terjadi di negeri kita yang tengah membangun. Celakanya, ini susah dihilangkan,kendati bukan berarti tidak bisa.Korupsi bahkan menjadi kata yang tidak asing lagi ditelinga kita.Condong merugikan orang banyak. Dan kalangan bawahlah yang selalu menderita kerugian. Akan tetapi, sebenarnya tanpa kita sadari, kita sering juga melakukan suatu hal yang merugikan semacam itu. Baik merugikan seseorang atau maupun orang banyak.

Seorang pelajar pun dapat dikatakan koruptur, meski kecil kecilan, contohnya si Adalah seorang pelajar, Ia meminta uang administrasi kepada orang tuanya melebihi yang diminta sekolah. Sekolah hanya meminta Rp.20.000,00 akan tetapi si A tadi meminta kepada orang tuanya sebesar Rp.35.000,00. Tindakan seperti inilah yang lama kelamaan akan membuat seseorang terbiasa untuk melakukan korupsi. Seorang koruptor dalam melakukan tugasnya akan mengkorup uang sedikit demi sedikit, bertahap, hingga semakin besar jumlah yang diperolehnya.

Di bandingkan dengan negara lain, Indonesia termasuk negara yang cukup besar tingkat korupsinya. Hal tersebut di sebabkan adanya jurang pemisah yang lebar antara si kaya dan si miskin. Si miskin ingin seperti si kaya, yang kaya ingin menyaingi yang lebih kaya, begitu seterusnya. Sementara uang penghasilan tidak mencukupi untuk persaingan itu. Hingga jalan yang di tempuh adalah tindakan korupsi.

Selain itu, dapat juga di sebabkan lemahnya pengawasan di suatu instansi/perusahaan. Sebab lainnya, terlalu ringan hukuman yang di berikan terhadap koruptor. Mungkin saja hal ini terjadi karena ada persekongkolan denga pihak lain.

Dari pemaparan diatas dapat dapat kita tarik kesimpulan bahwa korupsi merupakan duri dalam kehidupan. Sepertinya sudah mendarah daging pada sebagian masyarakat kita. Dan itu tidak perlu di pungkiri. Sebelum terlanjur, marilah kita tanamkan sikap untuk selalu jujur pada diri sendiri. Kebiasan untuk jujur dapat dilakukan lewat lingkungan terkecil, misalnya keluarga. Jadikan lingkunga keluarga kita anti anti korupsi.

0 Comments:

 

blogger templates | Make Money Online